Calon mahasiswa Pascasarjana (S2) Umuslim ikuti tes wawancara

Setelah mengikuti seleksi ujian TPA & TOEFL secara daring pada tanggal 26 Agustus 2021, sebanyak 45 calon mahasiswa baru program Pascasarjana Magister (S2) Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Kabupaten Bireuen kembali mengikuti tes wawancara, Sabtu (28/08), bertempat di gedung Pascasarjana Kampus Ampon Cheik Peusangan, Universitas Almuslim. Menurut ketua pelaksana ujian Dewi Maritalia, SST., M.Kes, sebanyak 45 orang calon mahasiswa yang sudah mendaftar, mereka mengikuti tes wawancara langsung dihadapan penguji, setelah dua hari lalu mereka mengikuti ujian Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL) secara daring.

Walaupun pelaksanaan wawancara secara tatap muka, tetapi peserta tetap menerapkan protkes Covid-19, ujar Dewi Maritalia juga menjabat Direktur Diploma III Kebidanan ini.

Menurut Direktur Program Pascasarjana Umuslim, Dr. Cut Azizah, MT, tujuan tes untuk melihat motivasi dan tingkat kemampuan akademik calon mahasiswa yang telah mendaftar pada Program Studi Magister (S2), sebagai masukan (input) untuk menjaga kualitas akademik yang sesuai dengan baku mutu yang ditetapkan.

Yang mengikuti tes mereka berasal dari prodi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL) maupun Program Studi Magister (S2) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Hasil tes ini baik TPA, TOEFL dan wawancara, di harapkan mahasiswa baru Program Pascasarjana Universitas Almuslim memiliki kualitas akademik, sesuai yang diharapkan pengelola ujar Dr. Cut Azizah, MT.

Menurut Cut Azizah, latar belakang calon mahasiswa, berasal dari sejumlah profesi, asal peserta tidak hanya dari Kabupaten Bireuen, juga dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Aceh, ujar alumni program doktor IPB Bogor.

Rektor Almuslim Peusangan Dr H Marwan, MPd yang turut menjadi tim wawancara disela-sela istirahat menyampaiakan bahwa, tes hari ini merupakan sejarah baru bagi Universitas Almuslim, karena ini merupakan angkatan pertama bagi Universitas yang dipimpinnya membuka program pascasarjana.

Hal ini berdasarkan izin yang telah diberikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaanristek tentang pembukaan program pasacasarjana Umuslim yaitu izin operasional Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 96/e/0/2021 untuk Program Study Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan( PSL) dan) izin nomor 212/E/0/2021,” untuk Program Study Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), jelas Dr. Marwan,MPd.

Saat wawancara berlangsung terlihat sejumlah dosen tetap Universitas Almuslim menjadi tim wawancara, antara lain, Dr.Marwan, MPd (Rektor), Dr. Halus Satriawan MSi (Wakil rektor Bidang Akademik), Dr. Cut Azizah ST MT (Direktur Pascasarjana), Dr. Sitti Zubaidah, (ka.BiroAkademik),Dr.Sri Wahyuni, SE, MSi, (Dekan FE), Dr Rahmi Novalita, MPd (ka Prodi (S2) Program Study Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Dr Abdul Malik,Msi, Sekretaris Program Pascasarjana Umuslim.(Humas_Umuslim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *