Program Pascasarjana Universitas Almuslim

PPs.Umuslim (25/8/2024) Program Pascasarjana Universitas Almuslim (PPs Umuslim) menggelar tes seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025, Minggu (25/08/24) di Gedung MA Jangka Universitas Almuslim.

Foto: Rektor Umuslim meninjau pelaksanaan CBT pada tes TPA di lab komputer Umuslim

Ketua Panitia Pemenerimaan Mahasiswa baru (PMB), Dr. Alfi Syahrin, M.Pd, menyampaikan bahwa “Sebanyak 103 peserta mengikuti seleksi di Program Pascasarjana Universitas Almuslim yang terbagi atas orang Program Studi S2 Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan 14 orang, S2 Ilmu Pendidikan Sosial 18 orang, S2 Administrasi Pendidikan 25 Orang dan S2 Pendidikan Dasar 34 Orang”. Lebih lanjut menyatakan calon mahasiswa yang mengikuti seleksi kali ini merupakan angkatan ke-7. “Setelah mengikuti TPA, TOEFL dan seluruh calon mahasiswa baru ini akan mengikuti tes wawancara di RKU 1 Kampus Universitas Almuslim, animo calon mahasiswa baru tahun ini meningkat 6 % dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ini menunjukkan kepercayaan masyarakat semakin tinggi terhadap Pascasarjana Umuslim”. Ujarnya.

Foto: Peserta ujian sedang mengikuti tes toefl di lab. bahasa Inggris Umuslim

Direktur Pascasarjana, Dr. Najmuddin, MA., Sebagai satu proses yang wajib dilaksanakan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di pascasarjana Umuslim dengan melakukan tes seleksi mahasiswa. Sebab output dari kegiatan tersebut salah satunya adalah mendapatkan mahasiswa yang memiliki komitmen tinggi dalam mengikuti proses akedemik sesuai dengan kurikulum dan standar kompetensi lulusan yang telah ditetapkan Pascasarjana Umuslim.

Foto: Calon Mahasiswa Sedang mengikuti Tes Wawancara

Rektor Universitas Almuslim, Dr. Marwan, M.Pd, yang ditemui disela sela pelaksanaan tes berharap bahwa melalui tes seleksi mahasiswa baru dipascasarjana akan memperoleh calon mahasiswa baru memiliki kompetensi yang dapat dikembangkan secara maksimal untuk memenuhi kompetensi yang diharapkan sesuai profile lulusan dimasing masing prodi di pascasarjana, sehingga menjadi salah satu faktor pendudukung pascasarjana dalam melakukan proses akademik untuk melahirkan lulusan unggul dalam bidangnya” Selain itu, dalam upaya mendapatkan calon mahasiswa baru dari luar negeri, promosi keberadaan Pascasarjana Universitas Umuslim juga senantiasa dilakukan. Salah satunya melalui kerjasama riset, pengabdian dan visiting profesor di daerah maupun diluar negeri, sehingga meningkatkan minat mahasiswa dari luar negeri untuk mengikuti perkuliahan di Pascasarjana Umuslim. (PPs.Akd)