Umuslim Seleksi Cama PPS 2023, di Ikuti 178 Peserta

News.acehcc.com – (Bireuen, 05/02/2023). Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Almuslim (PMB Umuslim), hari ini (Ahad, 05/02/2023) melakukan seleksi calon mahasiswa (Cama) pada Program Pascasarjana.  Sejumlah 178 orang Cama mengikuti seleksi yang berlangsung di Pusat Komputer PPS Umuslim Gedung Ampon Chiek Peusangan Matangglumpangdua Bireuen. Demikian informasi ini disampaikan Kabag Humas Umuslim, Zulkifli, M.Kom pada media aceh.cc.com.

Kontak redaksi melalui WA pada Ketua Pelaksana Seleksi, Dr Alfi Syahrin, M.Pd, menyatakan ” “Ya, betul – sesuai dengan jadwal, kita baru saja menyeleksi 178 Cama S2 untuk tahap pertama Semester ganjil tahun akademik 2022/2023. Ujian melibatkan 22 penguji dari dosen Pascasarjana dan pihak terkait”, sebutnya. 

Direktur Pascasarjana (PPS) Umuslim, Dr Cut Azizah menyatakan “Alhamdulillah, antusias masyarakat pada programn S2 cukup besar.  Tahap ini terdapat 56 Cama mendaftar pada program studi Magister (S2) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 91 pada Prodi S2 Administrasi Pendidikan dan 31 orang pada prodi S2 Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL).  Nantinya yang lulus ini akan terdaftar sebagai mahasiswa Pascasarjana Umuslim semester genap tahun akademik 2022/2023”, urainya.

Seleksi ini berupa Tes yang wajib di ikuti para peserta terdiri atas Tes Potensi Akademik (TPA) dengan sistim CBT di Lab Komputer Gedung MA Jangka Kampus Induk Umuslim, Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL) di Lab Bahasa yang berada di kampus timur Umuslim dan di akhiri dengan tes wawancara pada kantor Pascasarjana Ampon Chiek Peusangan, pungkas Ketua peleksana Dr.Alfi yang didampingi Direktur PPS Dr Cut Azizah.

Amatan awak media, tampak pula Rektor Umuslim Dr Marwan, MPd ikut langsung memantau pelaksanaan ujian dan juga bertugas sebagai penguji pada tes wawancara tersebut.

Rektor mengatakan, tujuan seleksi calon untuk mengetahui tingkat kemampuan calon mahasiswa sebagai masukan (input) bagi kampus untuk proses perencanaan pembelajaran nantinya.  Sehingga nanti lulusan memiliki kualitas akademik sesuai standar mutu dan harapan pengelolaan program studi, dapat menunjang proses akreditasi yang insya Allah untuk tahap perdana kita upayakan dengan prediket Sangat Baik, harap Rektor Marwan.

“Alhamdulillah, para peserta atau calon mahasiswa S2 pada tahun akademik ini, umumnya para pegawai ASN dan pimpinan pemerintah daerah” sebut alumni Doktor Manajemen Pendidikan Unimed ini, saat memantau peserta seleksi tersebut.

Ini adalah bagian dari hasil kerjasama nyata dengan sejumlah kabupaten/kota yang salah satu butir Kerjasama tersebut adalah pengembangan SDM para pegawai di daerah.  Dari data yang dilaporkan Direktur PPS Umuslim, saya bisa sebutkan mereka berasal dari Aceh Barat, Aceh Tenggara, Pidie, Aceh Utara,  Pidie Jaya, Aceh Utara dan Kabupaten Bireuen, tutup Doktor Manajemen Pendidikan ini. (Win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *