Umuslim Peringkat Pertama PTS Aceh versi UniRank 2023

News.ppsumuslim – (03/04/2023). Selang beberapa bulan digelarnya LLDIKTI 13 AWARD 2022 dipenutup tahun 2022 lalu, Universitas Almuslim (Umuslim) gagal mempertahankan jawara yang diraihnya sejak tahun 2019, 2020 dan 2021, pada anugerah LLDikti 13 Award 2022 hanya menempati urutan ketiga sebagai PTS Aceh terbaik.

Saat itu, Umuslim hanya mampu mengumpulkan pundi-pundi prestasi versi LLDikti tahun 2022 yakni: Juara 3 Kategori kampus Merdeka, Juara 1 Kategori Kerjasama, Juara 1 Kategori Website Terbaik, Juara 3 Kategori Dosen Berpretasi Bid. Sosial dan Humaniora, Juara 3 Kategori Hibah Terbaik, Juara 3 Kategori pembinaan mahasiswa berprestasi dan juara 3 Katagori Sinta Terbaik.

Namun, berbeda dari sudut pandang Tim UniRank yang saban tahun menilai dan merilis PTN dan PTS terbaik di Indonesia. Yang pada tanggal 3 April 2023 lalu, dirangkum oleh JatimNetwork.com dari laman UniRank 2023. menerbitkan pemeringkatan 7 PTS terbaik di Aceh dan di Indonesia. Dan Universitas Almuslim menduduki rangking teratas, disusul Universitas Serambi Mekkah (USM), Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), UUI, dan Universitas Abulyatama.

Bukan hanya itu, Umuslim yang tercatat berdiri resmi atas nama Universitas pada tahun 2003 ini mampu menduduki Peringkat 3 Perguruan Tinggi terbaik di Provinsi Aceh dan Peringkat nasional ke 118.

UniRank sendiri, sebut JatimNetwork.com merupakan laman pemeringkatan yang cukup tenar saat ini. Pemeringkatan ini dinilai berdasarkan beberapa aspek, mulai dari akreditasi hingga penelitian. Dalam pemeringkatan UniRank 2023, setidaknya terdapat 15 universitas terbaik di Aceh yang terdiri dari universitas negeri dan swasta. Bagi PTS, penilaian juga menggunakan unsur asal mahasiswa dan unsur sebagai universitas favorit dan incaran para mahasiswa baru, termasuk mahasiswa asal luar kota.* (Wk, dari sumber: JatimNetwork.com).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *