Mahasiswa S2 PSL Umuslim Laksanakan PkM: Sosialisasi Biopori dan Pendampingan

News.ppsumuslim – (Bireuen, 6/6/2022).  Puluhan Mahasiswa Magister Pengelolaan Sumber Daya Alam & Lingkungan (PSL) Pascasarjana Universitas Almuslim (PPs Umuslim) Peusangan Bireuen melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat, di sepanjang halaman kantor Camat Peusangan Kabupaten, Minggu (5/6/2022).

Kegiatan PkM tersebut berupa kegiatan aksi tentang “Sosialisasi Penanggulangan Banjir Genangan dengan Membuat Biopori di Tanah Halaman Rumah”, demikian keterangan Direktur PPs Umuslim, Dr Cut Azizah, M.T.

Kegiatan ini bertepatan dengan peringatan  Hari Lingkungan yang jatuh pada 05 Juni, tambah Cut Azizah.

Salah seorang peserta PkM, Ismahadi menyatakan manfaat biopori selain untuk menjaga ketersediaan air juga dapat mengurangi sampah organik menyuburkan tanah serta membantu mencegah terjadinya banjir.

Sebenarnya sosialisasi ini sudah pernah dilakukan baik Pemerintah dan juga LSM, sebut Ismuhadi. Namun masyarakat masih belum dapat mengimplementasikan di lapangan, karena kurangnya contoh nyata. Oleh karena itu perlu pendampingan secara langsung kepada masyarakat, urainya.

Kami berharap dengan kegiatan PkM hari ini, yakni melalui sosialisasi dan dilanjutkan pendampingan pembuatan biopori maka diharapkan semakin membuat masyarakat sadar akan pentingnya biopori, tutup Ismuhadi. (Win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *