Tim Pengelola Website PPs Umuslim ikuti Bimtek

News.umuslim.ac.id – (05/08/2023).  Sejumlah 4 (empat) staf Pascasarjana Universitas Almuslim (PPs Umuslim) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Website Profesional yang diselenggarakan pihak Rektorat, Kamis (3/8/2023).

Acara berlangsung di Ruang Seminar kampus Ampoen Chiek Peusangan Umuslim, diikuti oleh sebagian besar staf dan operator fakultas dan program studi yang mengelola website di unit kerjanya. Demikian informasi yang disampaikan oleh panitia pelaksana, Rudy Juli Saputra, M.Pd.

Kata Rudy, program bimtek ini adalah insiatif langsung Rektor Umuslim. Rektor terus mendorong semua staf dan operator yang mengelola website maupun Journal di Fakultas, Program studi dan Lembaga serta unit kerja di lingkungan Umuslim, agar memanfaatkan semaksimal mungkin teknologi informasi untuk menunjang proses edukasi, akreditasi, kemitraan dan promosi, tambah Rudy yang juga Kabag Keuangan Umuslim. 

Foto: Staf Pengelola Website pada PPs Umuslim (Doc. Fayna 2023)

Informasi dari Kabag Humas Umuslim, Zulkifli M.Kom. “Ya.. betul, Rektor sangat berharap semua unit kerja yang telah diberikan hak mengelola website dan Journal online agar mampu memanfaatkan menjadi media informasi, komunikasi dan mengenalkan aspek profil, layanan dan prestasi kepada para mahasiswa dan stakeholder.  Baik terkait dengan aktivitas program studi, kegiatan akademik, kemahasiswaan, kerjasama, penelitian dan pengabdian, prestasi dosen dan mahasiswa serta implementasi pelaksanaan kampus merdeka.

Zulkifli menambahkan, saat ini hasil kerja tim IT khususnya para pengelola website dan journal di Umuslim, menaikkan pamor kampus di tingkat regional dan nasional. Kita bisa lihat dari berita resmi Webometrics dan UniRank, yang melakukan pemeringkatan perguruan tinggi di dunia dan di Indonesia. Umuslim, dalam versi UniRank tahun 2023 atas penilaian kepopuleran website, pelaksanan Pendidikan dan akreditasi kampus menduduki peringkat ketiga se-Aceh, dibawah USK dan Unimal, dan rangking ke-114 secara nasional.  Sedangkan versi Webometrics, menduduki peringkatan ke-4 Perguruan Tinggi se-Aceh, 121 secara nasional dan peringkat 6080 dunia, pungkas Zul yang juga dosen It di fakultas ilmu komputer Umuslim.

Bimtek yang berlansung selama sehari, dipandu oleh Dosen dan konsultans Website Umuslim, Win Konadi M.Si dan Kepala Puskom Umuslim, Husni Abda, S.Kom.

Menurut Win Konadi, Website Kampus sangat berperan penting, baik sebagai gerbang utama bagi masyarakat mengenal kampus. Sebagai alat untuk branding perguruan tinggi, agar dapat menjalin kerjasama dengan stakeholder khususnya dengan Mitra. Dan saat ini, tambahnya, para asesor dari BAN-PT ataupun Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) meminta agar program studi sedianya menyajikan data untuk penilaian akreditasinya pada laman web.

Kepada para peserta Bimtek juga dibekali teknis pembuatan template, menu konten yang popular, dengan mengisi event kampus, aktivitas sivitas akademika, prestasi dan fasilitas di setiap unit.  Baik dalam kemasan menu News (Berita) dan gallery serta cara link dengan beberapa komunitas dan icon sosial.@Fayna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *